Dream

What do you do when you really want to get something you know you will never get it ? Or even touch it ? Will you just stand still at your place stare at it then do nothing ? Or will you try to find another thing to get ?

Aaah this thought really freaks me out, I’m personally a person that will deeply desperate when I’m not able to get what I really want and important to me. Whenever I get to the situation like this, when I know I can’t reach it, I always do nothing but dive deeper into sadness. Well it affects my life so much, like I can suddenly lose my mood to study (study is the most important things right now due to my upcoming national exam), or just to smile. But the hardest part of all of this is trying to smile, I don’t want to make people around me can obviously know about it.

Maybe if I were born as a different me, I can get it so much easier. I know what I want and I know the zero chance for me to get it. But this desire is just to strong. Well maybe I gotta find another worthy to chase, and try to erase this desire slowly. I just haven’t found it yet, maybe someday someone will tell me if it is only a dream, maybe someday someone will help me to distinguish between dream and reality.

Now let me relax and let me dive into a deeper dream πŸ™‚

Posted in Uncategorized | Leave a comment

My wish

It’s been 28 minutes since I left 12th October, which is 13th October now, yeah today is my birthday. So happy that i’ve been spending a quarter of century, joy and sorrow always came to my life, I’ve met so many kinds of people, they were one to make me smile and happy, some of them just knocked me down. Sad songs, happy songs have filled my past 25 years, gave me a moment to see how strong those songs were related to my life, hahaha.

Many hands came to me, some of them were trying to pull me up from the darkness, some of them were trying to push me even further into the darkness. Some hearts were damaged by my words, some of them were repaired. Some people stepped aside when I needed them, some of them stay put. Some faces laughed because of me, some of them cried and felt that I’m so much disgusting.

Wish there will be a lot of people who feel happy when I’m around and God please show me whenever people feel disturbed by my presence so I still have a chance to move away from them, because for sure I don’t want to make more people-who-hate-me. I will try my best.

Thanks for these amazing years. Thanks to God, my family, my bestfriends, my friends, and to all the people, thank you for coloring my colorness life, hope I can make your life even more colorful than mine. πŸ™‚

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Motorcycle service center

Hi, it’s me again. This morning I’m already in my motorcycle service center, it’s been very long time since the last time my motorcycle got serviced, and this fine saturday I thought would be a good time to go here but….

When I drove my motorcycle in to the parking lot and I had to wait until the announcer call my number, I saw my dear friend sitting on the stairs, seems to be waiting for the motorcycle, and I saw my friend sitting next to him as well. At first I wanted to came close, but I canceled. Coincidentally I parked my motorcycle right in front of them and I was waiting by sitting on my motorcycle. I thought they would definitely see me, unless they are blind, haha.

I know they knew my presence, I know they saw me sitting on my motorcycle, but why didn’t they just call me ? The saddest part was, why didn’t my dear friend just call me or something. I tried to avoid eye contact with them indeed.

I’m trying to figure it out now. The biggest question lies in my head is “why didn’t my dear friend call me ?”. Hmmm, I speculate….

1. He was with a friend that he knows I can’t be so comfortable to talk with, I used to be so close with that friend too, but now it’s different.

2. I’m not a good friend for him.

Well maybe there are another reasons, I just haven’t figured it out.

I know I was wrong for I’m not coming close to them, the reason was, I don’t like to be awkward.

Now I’m thinking about the 2nd reason. Well, I’m not a very good person and tend to be a very bad person. Maybe I have to change myself to be a better person, so I will make people around me feel comfortable, or…. I just have to go away for a while. I don’t know…

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Train at 4th August…

Hi everybody ? How’s your day ? Hope you had a good day πŸ™‚ (to whom am I talking to actually ?) hahaha…

I can tell today wasn’t going too well, like my lecturer screwed up my day, they made me call my patient once again, and well, my closest friends still shut me out, really don’t understand what the heck is going on…

Today I went home earlier than usual, just like yesterday. I felt like really uncomfortable with the clinic, since I’m a “socializing” guy, it means I’d love to talk with people especially my dearest fiends. since they still shut me out, I have no reasons to stay at the clinic longer. Actually I can talk with the others, but, my closest friends’s response to me makes me really sick. Maybe you’ll say that I am too sensitive, but here I am, the most sensitive human in the world, hahaha.

Well, right now I’m at dunkin’ donuts at the rail station enjoying my coffee (with whipped cream and I love it!) and a donut while waiting for the train, yes I’m going to my hometown. Happily my friends are about getting married, the reception will be held this sunday. Hmmm I can go home like at friday or saturday, but I chose to go today, maybe It is good for me, like a sweet escape from anything I feel, hahaha.

Looking at the people in this station talking, laughing, or even just sitting together with their friends makes me really envy, maybe because of me sitting alone here, at the corner of the shop, hahaha.

I wonder why there are so many people carrying big backpack, like they are going to climb a mountain. Aaaaaa I really want to climb a mountain, it has been very long time since my last hiking.

And my last word for this post

Hope distance can make me understand them, how precious they are, and how lucky I am for having them, and I really hope they will do so.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Lonely

I should’ve finished my post about my adventure climbing the mountain. Sadly I’m not going to finish the story in this post, well I will post kinda different type of story. If I used to post many stories about my adventure, now I will try to write what I’m feeling this past many times. I’m not scared to be judged as a weak hearted man or someone who can’t face the problem by himself who try to tell the world how big the troubles are, because I write in this blog or promote my blog not so often, I assume no people I know will notice it. hahaha

It’s been a while since last time I share many stories with people, I mean my very personal things. It’s nothing just realizing they’re having their own business about their life that can be so affected by my stories (hahha thinking that my stories were very important). In a simple way, I have no friend to tell my stories with. Maybe it’s such a good thing, you know, not to bothering people and letting them socialize with their life. But somehow, I really need them to turn back, I don’t really know about it. It sounds very dramatic, yes I admit it, but we need a drama or two in our life, just to drive us to an understanding about life, drama is not that bad (unless you put so much drama in everything you do). Oh let’s stop talking about dramas.

“Having people who are really care about you is a precious thing”

Laughing, throwing a joke, smiling, these are the things that make people will thing that we have no troubles. Every time we have lunch with our friend, when I’m taking a sip of soup with my spoon, when I look into the bowl, when everyone can barely see my face, I’m taking it slowly. Because that the moment I don’t need to cover my face with laugh and jokes, a moment when I can think about my troubles clearly without any consequences like my face changing or something, I do it every time I have a chance. Then I lift up my head with my mouth full of food and try to laugh and smile. They don’t feel the sadness, loneliness, pain, I feel inside. I feel so lonely.

Well, maybe people think (or actually) that I’m not that lovely, hence I have only few friends. It’s kinda weird to share my feeling to this blog, that I don’t know who will read this and understand my feeling and it’s good to know that I still have place to share my story on.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

The journey to semeru part 1

“Maaf mas, semerunya udah over quota hari ini, jadi udah ga bisa daki lagi, kalo mau besok pagi urus lagi pendaftarannya” kata penjaga loket pendaftaran pendakian gunung semeru. Langsung tubuhku lemas seketika, sudah berpikir bahwa kita tidak akan naik semeru saat itu.

Kamis pagi (08.00 WIB) 29 Mei 2014, aku sudah berada di desa ranu pani untuk melakukan pendakian ke gunung semeru. Saat itu aku bersama falah, khafid, nidha, andry, dan khabib (adik khafid).

“Yaudah kita udah ga bisa ngapa-ngapain hari ini” kata andry sebagai ketua tim. Aku diam, dan mencoba menanyakan lagi ke penjaga “mas tapi bisa dijamin ga besok kita bisa daki ?” “Bisa mas, asal mas daftarnya pagi pagi” kata penjaga.”Yaudah kita ngecamp di sini aja semalem, besok pagi daftar lagi” kata falah, aku hanya bisa diam karena kesal karena ingat untuk melakukan perjalanan ini saya harus membolos kegiatan klinik 3 hari.

Setelah bertanya ke beberapa pendaki, akhirnya kita camping di pinggiran danau ranu regulo. Dalam hati masih kesal dan marah, sehingga aku memutuskan untuk diam di pinggiran dermaga yang ada di danau itu sambil mendengarkan musik dari handphone. Lambat laun perasaan kesal hilang diganti perasaan tenang dan senang, mungkin karena musik, suara burung, udara, dan air di danau ranu regulo. Aku kembali ke tenda dan berkumpul dengan yang lain dengan perasaan yang sudah kembali senang.

Hari itu kami habiskan dengan bercanda, berfoto, menelusuri pinggiran danau, tiduran di rumput yang tebal, dan setelah malam, kami memasak makanan untuk makan malam, lalu kami tidur cepat mengingat besok kami harus mendaftar pagi pagi.

(Jumat, 30 Mei 2015)
Burung sudah mulai terdengar berkicau, beberapa kali ayam berkokok, dan mulai terdengar pendaki lain sudah mulai beraktivitas di luar tenda, semua itu adalah tanda hari sudah pagi. Khafid sudah bangun dan mulai memasak air (such a housewife hahahaha) lalu aku keluar tenda. Udara dingin langsung menyerangku dan aku kembali ke dalam tenda, “penyesuaian dulu bro” kata falah. Setelah bisa menyesuaikan akupun keluar tenda dan memang badan sudah terbiasa, tapi tetap terasa dingin. “Coba bro ke air, pasti anget deh” kata falah, “gila bro dingin dingin gini nyentuh air ? Bisa beku deh tangan” kataku. “Ih ga percaya nih” dia menyelupkan tangannya di air. “Eh iya ya, lebih anget ternyata” kataku setelah menyelupkan tangan ke air. Pada saat itu pemandangannya sangat bagus, danau dengan matahari yang baru muncul dan kabut yang bergerak gerak di atas permukaan airnya. Lagi lagi aku disuguhi pemandangan yang bagus, membuat saya senyum senyum sendiri melihatnya.

“Kalian packing ya, aku mau daftarin dulu” kata andry. Kamipun segera packing. Di tengah packing, andry kembali membawa secarik kertas. “Coba isi tas kalian apa aja ? Mau aku data” kata andry. Setelah pendataan dan packing selesai kami langsung ke loket. And we were officially registered to climb mt.semeru today, “yeaaaaaaay” kataku tidak kontrol. Lalu kami mengikuti briefing sebelum naik oleh petugas. Pantangan, saran, semua kami dapatkan. Tepat pukul 10.00 WIB kami mulai mendaki. Kami melewati warung, sawah, warga, dan pendaki lain, dan sebisa mungkin kami melontarkan senyum ke semua orang yang kami temui. Sampai di pinggiran sawah kami melihat puncak semeru dari kejauhan. “Itu puncak semerunya di atas awan, hmmmm bisa ga ya ?”. “Pasti bisa bro” falah menepuk pundakku. Akhirnya kami mulai memasuki hutan.

Di sepanjang perjalanan kami banyak bercerita, banyak mengobrol, dan banyak makan cemilan (it was not literally a snack, but brown sugar). Beberapa kali kita istirahat karena kami sepakat ketika ada yang kelelahan, kami harus berhenti. Perjalanan hutan sangat menyenangkan, tenang, rindang, udara segar, dan kicau burung. Perjalanan hutan menghabiskan waktu sekitar 5 jam.

(15.00 WIB) “RANUKUMBOLO!!!!” Tiba tiba khafid berteriak, seketika aku mempercepat langkah untuk melihat “surganya semeru” tersebut. Ternyata benar, di hadapan saya terbentang danau ranukumbolo dengan air yang sangat biru dari atas, luas sekali, dikelikingi bukit, sehingga tampak seperti mangkuk besar. Aku dengan semangat menuruni bukit untuk melihat ranukumbolo lebih dekat. Benar kalau ranukumbolo disebut surganya semeru, karena ranukumbolo menyediakan pasokan air untuk para pendaki, tempat yang sempurna untuk camping, dan tentu saja sangat indah dan menenangkan.

Kami beristirahat di ranukumbolo untuk makan siang. Kami membuka perbekalan dan peralatan masak. Kami mulai dengan merebus air, dan mulai memasak menu masakan kami, kami masak dengan 2 kompor. Lalu tiba tiba salah satu kompor kami terbakar. “Wah bocor ini, ga bisa dipake” kata andry. Kebetulan di sekitar kami ada pendaki yang sedang beristirahat (kami sudah pernah bertemu dengan pendaki itu pada saat kita di angkot dari pasar tumpang), dia melihat kepanikan kami dan langsung menawarkan kompornya “ini pake aja kompor saya”. Kompornya bagus, tidak seperti yang kami bawa. Setelah kami masak, kami makan, tidak lupa membagi masakan ke pendaki tersebut. “Udahan yuk istirahatnya keburu gelap” instruksi andry, segera kami beres beres, oiya pendaki tadi sudah terlebih dahulu jalan. Sedih memang meninggalkan ranukumbolo, but the journey must go on.

Kita mulai mendaki tanjakan cinta, yang konon katanya kalau kita mendaki tanpa menoleh ke belakang, permohonan cinta kita akan terkabul. Jadilah kita iseng saling memanggil agar menoleh ke belakang. Setelah tanjakan cinta, kami kembali beristirahat karena memang tanjakan itu sangat menguras tenaga. Sekitar 10 menit kami istirahat lalu perjalanan kami lanjutkan.

Setelah tanjakan cinta, kami memasuki daerah bernama oro oro ombo. Di sini tidak ada pepohonan yang tinggi, daerah ini terlihat seperti padang savana. Tetapi aku kembali dibuat tercengang dengan hamparan bunga berwarna ungu. Terlihat seperti karpet berwarna ungu di tengah rerumputan yang menguning. SANGAT INDAH !. Sejenak kita berfoto di sana. Menelusuri jalan diantara bunga bunga itu yang ternyata setinggi badan kita. Menelusuri sambil tangan meraba tumbuhan itu di kanan dan kiri.

Lalu perjalanan tiba di hutan cemara bernama cemoro kandang. Hari sudah mulai gelap, kami segera memasang headlamp agar perjalanan tidak terlalu gelap. Perjalanan kami lakukan dengan ekstra hati hati karena tanjakan cukup terjal, beberapa kali kami istirahat karena kelelahan. Sampai akhirnya kami mendengar keramaian dan udara terasa sangat dingin. “Kalimati” ujar andry. Kalimati adalah camp ground terakhir sebelum puncak. Sampai di sini, andry dan falah masuk ke perkemahan untuk mencari lahan yang cocok untuk campig, sisanya menunggu di plang bertuliskan “kalimati”. Setelah ketemu, kami langsung mendirikan tenda. “Jadi siapa aja yang mau muncak ?” Jujur aku kaget dengan pertanyaan andry. “Loh kita muncak semua ?” Aku bertanya. “Engga ah, aku capek, kayanya ga kuat” kata nidha satu satunya perempuan di tim ini. “Aku juga engga deh, aku udah pernah, lagian mau nemenin nidha juga kasian dia sendiri” kaya andry. “Hah!?? Ketuanya ga ikut???” Kataku dalam hati. “Yaudah kalian berempat istirahat aja, kita yang masak makan malem, soalnya kalian harus naik jam 11” kata andry. Aku sudah tidak kaget karena sudah dibriefing di bahwa kalau mau muncak, kita harus naik pukul 11 malam. Saat itu pukul 19.00 WIB. Setelah kami makan, kamipun tidur.

Sayup sayup terdengar nidha dan andry mengobrol. Lalu semua tenang. “Waduh mereka telat nih, udah jam 1” kata andry, langsung aku terbangun “hah? Udah jam 1 ? Yah telat dong” kataku kecewa. “Eh engga ding salah liat, ternyata jam 11, yaudah siap siap gih” kata andry, sekitar 15 menit kami bersiap akhirnya kami berampet kumpul di depan tenda. “Sebelum jalan mari kita berdoa, berdoa mulai” pimpin khafid. Setelah selesai kita semua toss “semangat guys, pasti puncak” khafid menyemangati, lalu aku merangkul pundak sahabatku falah, untuk mengurangi kecemasanku. “Hati hati ya” kata andry. Langkahpun mulai kami lakukan. Doa, tekad, dan persahabatan yang aku yakin akan menguatkan kaki kami. Dan perjalananpun dimulai….

To be continued……

image

Danau ranu regulo

Danau ranu regulo

image

Danau ranu regulo

image

With my bestfriend at ranu pani

image

The team !

image

Ranukumbolo

image

image

Tanjakan cinta

image

image

image

Oro oro rombo (puprle field)

image

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Greetings from Bromo -2

“Kamu pake helm ini aja lah,biar ga kedinginan juga” tawarku ke Falah. “Udah nanti aja ganti helmnya” jawab Falah. Sampai di Sidoarjo Falah meminta helm full face yang aku pakai akhirnya kita menukar helm. Kita sudah jalan selama 1,5 jam, “masih berapa lama lagi lah ?” tanyaku, “masih jauh saa, ini belum ada setengahnya” jawabnya. Setelah helm sudah ditukar, kita kembali melanjutkan perjalanan.Β  “itu tanggul lumpur lapindo sa” tunjuk Falah ketika kami melewati jalan di pinggiran tanggul. Cukup sedih mengingat banyak rumah warga yang tenggelam karena lumpur dan sampai saat ini seingatku ganti ruginya dinilai belum adil. Sampai di daerah pasuruan udara mulai terasa dingin dan Falah kembali berhenti untuk mengisi bensin sekaligus memakai sarung tangan. Bekal kami mulai kami makan. Setelah urusan toilet selesai kita kembali melanjutkan perjalanan.

Sepanjang perjalanan kami melihat banyak orang yang menuju bromo dengan motor, sama seperti kami, terlihat dari pakaian dan barang bawaan mereka. Kami juga bertemu dengan geng yang suka memacu kendaraannya dengan cepat. Falah mencoba menyamai kecepatan mereka yang akhirnya kita yang tertinggal karena memang motor mereka lebih cepat, kamipun tertawa di sepanjang “balapan” itu. Jalan lurus dan penuh dengan kendaraan besar berakhir ketika kita harus belok kanan untuk menuju kawasan gunung bromo. Entah kenapa jalanan jadi begitu sepi, padahal kami tadi melihat beberapa pengendara motor yang kami pikir mereka juga ke bromo. Aku melihat ke belakang “lah kita sendirian nih di jalan, depan belakang kosong, ga ada kendaraan” “santai aja saa, ga usah takut” ejeknya “yeee siapa yang takut broo” jawabku. Seperti biasa sepanjang perjalanan kami ngobrol, bercanda, diam, tertawa. Akhirnya kami menemukan keramaian, barisan mobil jeep sepertinya menunggu pelanggan yang mau menyewa. Motor berhenti, “kenapa lah?” tanyaku, “pengen kencing nih, kencing dimana ya, hmm di rumah warga aja yang ada air” setelah dempat mencari, “rumah warganya masih pada tutup nih, yaudah lanjut aja”. “Bentar lah aku mau pake jaket lagi, dingin banget” aku mengambil jaket dari tas yang di pakai Falah. Kebetulan ada penjual sarung tangan yang mendatangi kita, akhirnya aku beli sarung tangan seharga 10.000 rupiah dan kami melanjutkan perjalanan. Sampai pintu gerbang, kami turun untuk membayar tiket seharga 10.000 rupiah per orang dan tiket masuk motor 3.000 rupiah. Setelah portal dibuka kami lanjutkan perjalanan dan ternyata sudah terjadi antrian kendaraan. Persis seperti di Jakarta, bedanya di sini udaranya sangat dingin. Kami berjalan melalui sela – sela mobil. Bintang pada saat itu bertaburan dan sangat bagus, tidak ada mendung sedikitpun sehingga semua bisa terlihat.

akhirnya kita sampai di pintu padang pasir gunung Bromo, dengan bismillah kita masuk ke padang pasir. Awalnya arah masih terlihat jelas dan ramai. Di sepanjang padang pasir, motor kami sering terselip hingga kami hampir jatuh. Beberapa kali aku harus turun untuk mendorong motor karena terperosok di pasir. “ini jalannya kemana ya, kayanya dulu aku ga lewat sini eh” kata Falah. Kami berhenti sejenak untuk melihat keadaan yang kami lihat hanya gelap dan beberapa pengendara motor serta mobil jeep yang melewati kami. “kalo kita ikutin mobil jeep aja gimana lah ? mereka pasti tau kan jalannya” saranku. Akhirnya kita mengikuti mobil jeep dan kita kaget ternyata beberapa jeep arahnya berbeda, kami kembali berhenti. Kami melihat ada 1 mobil biasa yang berhenti, aku turun dan tanya ke pemilik mobil, “mas kalo ke pananjakan ke arah mana ya ?” “wah saya juga ga tau mas, ini saya juga bingung mau kemana” jawabnya, setelah berterima kasih aku balik ke Falah. Kami sempat diam sembari istirahat. Akhirnya kita lanjutkan perjalanan gelap itu mencoba mengikuti jeep lagi dan ternyata mobil serta beberapa pengendara motor mengikuti kami. Beberapa kali kami berhenti karena kelelahan. “udah lah ga usah dilanjutin gapapa, di sini aja kayanya cukup” ujarku ke Falah karena aku melihat dia kelelahan, dan aku pun sudah lelah dan kedinginan. “tanggung kali sa udah sampe sini, ngapain di sini doang” jawabnya “tapi aku ga enak bro, udah ga gantian nyetir motornya juga” ujarku “santai aja sa” jawabnya.

“akhirnya ketemu !!, kamu liat ga itu ada lampu kendaraan di atas, itu ke pananjakan” tunjuknya. Kami pun sampai di ujung padang pasir, kita berhenti untuk menarik nafas karena kata Falah jalanannya terjal. “aku takut nih bensin kita ga cukup, tadi ga ngisi di pom bensi terakhir” kata Falah “bismillah” kataku. Falah memacu motor kencang dan masuk ke tanjakan, dan Alhamdulillah kita bisa melewati tanjakan pertama dengan sukses. Jalanan sudah lebih baik karena sudah diaspal, sangat berbeda dengan padang pasir tadi, cuma jalan di sini berkelok – kelok dan gelap. Jalanan kita lalui lancar sampai kami harus melambat gara – gara jalanan penuh dengan orang yang berjalan. “Kita udah hampir sampai nih” kata Falah. Akhirnya kita sampai dan kita memarkirkan motor. Aku membeli topi saat itu karena udaranya sangat dingin, akhirnya aku membeli topi abu – abu seharga 15.000 rupiah. Saat itu jam menunjukan pukul 04.30 WIB. Kita menaiki anak tangga dan sampai di titik yang paling tinggi. Di sana sudah penuh dengan orang sehingga kita tidak bisa berdiri di paling ujung dimana itu adalah spot terbaik untuk melihat semua pemandangan.

Kami berdiri di tengah kerumunan orang. Aku tidak bisa melihat ke depan karena orang di depanku cukup tinggi. Kami merasakan ada bangku di sekitar kami, tapi kami harus berdiri di pinggiran bangku, dan berdiri di situ tidak bisa stabil. “udah kamu naik aja pegangan pundaku sa biar keliatan” kata Falah, “kamu ga bisa liat dong bro” kataku, “aku kan udah pernah, kamu yang belum pernah kan” Kata Falah. Akhirnya aku naik dengan perpegangan. Dan ketika aku lihat pemandangannya, aku hampir tidak bisa berkata – kata, dingin yang aku rasakan seketika seperti pudar, diganti dengan rasa kagum akan keindahannya. Di sana terlihat garis berwarna jingga yang menandakan matahari akan segera muncul. Garis yang sangat panjang dan indah. “Pegangin kakiku lah, aku mau foto” kataku. Aku ambil handphone di tas kecil yang aku bawa dan mulai mengabadikan keindahan alam yang tidak sering aku jumpai. Aku turun dan mulai menyelinap ke barisan depan. Akhirnya kita mendapatkan barisan paling depan, walaupun agak menyamping, tepatnya di depan toilet yang memang masih tutup.

Kembali bibir ini dibuat tersenyum oleh alam yang memamerkan keindahannya. Sang Matahari, pembuat garis jingga tadi, akhirnya muncul dari persembunyiannya, menunjukan keperkasaannya, bulat dan terang. Kembali aku dibuat terdiam karena kagum. Hampir aku menangis melihat keindahan itu, mengingat perjuangan kami ke sini tidak lah mudah. Aku mengambil beberapa gambar dengan handphone, selanjutnya aku menikmati pemandangan itu dengan mata sendiri, bukan dengan lensa kamera. “lah fotoin aku backgroundnya matahari, gapapa backlight juga” pintaku ke Falah. Kembali aku nikmati pemandangan yang tidak biasa itu.

Kermunan orang berangsur – angsur berkurang, tapi kami tetap di tempat itu untuk menikmati pemandangan yang indah ini. Sampai akhirnya kita turun untuk makan baso dan minum kopi, cukup menghangatkan. Selesai makan matahari sudah tinggi dan tempat tadi sudah mulai sepi dan kita kembali ke spot tadi. Kembali aku dibuat diam dengan indahnya pemandangan. Matahari membuat semuanya tampak jelas, sebelumnya hanya terlihat hamparan berwarna hitam. Kini semua terlihat dengan jelas, tanpa tertutup kabut. Di sana terlihat beberapa gunung yang bergerombol, salah satunya gunung bromo. Di sekitar gunung tersebut ada awan yang menyelimuti. Berada di pananjakan berasa seperti berada di atas awan. Pemandangan yang sangat indah, kembali saya terdiam menikmati pemandangan itu. Kagum, terharu, bersyukur, puas, semua rasa bercampur saat itu, memang perjalanan yang berat akan menghasilkan pencapaian yang tidak biasa. Kembali saya abadikan pemandangan itu dengan kamera handphone. Ternyata selama aku mengambil beberapa gambar, Falah duduk di bangku beristirahat. “aku udah nih foto – fotonya, kamu mau foto – foto bro ?” tanyaku dan dia mengiayakan, akhirnya gantian aku yang duduk. Aku berbaring di bangku untuk tidur sejenak sampai akhirnya Falah membangunkanku dan kita turun.Β  “mau ke bromo sa ? aku anter deh, tapi ga tau aku ikut naik apa engga” tanyanya, “boleh, tapi engga juga gapapa kok, tadi udah bagus banget” jawabku. Kita mengambil motor dan mulai turun.

Sepanjang perjalanan turun, mesin motor dimatikan dan dibiarkan saja berjalan karena berat dan gaya gravitasi. Sampai akhirnya kita menemukan bensin eceran, kita beli bensin yang harganya selangit itu, 10.000 rupiah per liternya. Kita beli 3 liter. Kembali kita “menggelinding” menuruni pananjakan. Kita sampai di sebuah bukit dimana kita bisa melihat gunung bromo dari situ, kita berhenti sebentar karena bagi kita tidak terlalu menarik dan sudah banyak orang di sana. Kita lanjut turun sampai akhirnya sampai di padang pasir. “oh begini toh bentuknya padang pasir bromo, semalem ga keliatan apa – apa” dalam hati. Perjalanan terasa lebih mudah karena arahnya jelas, tapi tetap beberapa kali kami terperosok. Kami sampai di bromo, kita mulai menanjaki bromo, beberapa kali Falah harus berhenti dan menariku. Akhirnya kita sampai di puncak bromo dan melihat kawah yang berasap. Setelah puas dengan bromo dan istirahat, kami kembali turun menuju motor. Perjalanan kembali dilanjutkan sampai akhirnya sampai di pintu keluar padang pasir.

Udara sejuk menerpa kami membuat kami menjadi semakin mengantuk. Saya sempat beberapa kali tertidur di atas motor dan membuat motor oleng. “jangan tidur bro !” kata Falah sambil menepuk lututku. Perjalanan terasa sangat jauh dan mata sudah sangat ngantuk. Akhirnya kita sampai di Surabaya dan kita mampir di restoran makanan cepat saji, setelah makan kita lanjutkan perjalanan ke kos Falah. Di kos kita bersih – bersih dan langsung tidur. Dan perjalananku ke bromo berakhir sampai di sini.

Ada 2 hal yang membuat saya bahagia di perjalanan ini.

Yang pertama, saya menemukan sahabat. Sahabat yang rela berkorban untuk membuatku senang. Sahabat yang bisa menguatkan saat aku ingin menyerah. Sahabat yang penuh kejutan. Sangat bersyukur bisa mengenal Falah, dan semoga perjalanan kita tidak hanya sampai di sini.Β Yang kedua, saya semakin menyadari keindahan alam Indonesia yang tidak ternilai harganya. Bahwa Indonesia mempunyai kekayaan alam yang berlimpah. Bahwa Indonesia memiliki keindahan yang tidak bisa diremehkan. Membuat saya yakin, rakyat Indonesia tidak pantas miskin di tanah sekaya ini. Membuat saya ingin membuat rakyat bisa bangkit dan tidak lagi miskin mental, miskin pendidikan, miskin harta, miskin kesehatan, dan miskin lainnya. Negeri ini bagaikan hamparan berlian, tinggal bagaimana kita memanfaatkan hamparan berlian ini.

Terima kasih Tuhan telah mempertemukan saya dengan seorang sahabat yang sangat baik. Terutama terima kasih Tuhan telah mempertemukan saya dengan salah satu keindahan yang Kau ciptakan. Keindahan yang bahkan teknologi secanggih apapun tidak bisa menciptakannya. πŸ™‚

Semoga tulisan ini bisa mengenang perjalanan yang indah itu.

20130908_030852

Tas tempat perbekalan kami

20130908_051936

Garis jingga yang membentang

20130908_05285020130908_052839

 

20130908_05290120130908_053149

Matahari akhirnya menampakan tubuhnya

20130908_06252620130908_06244920130908_062514

Keindahan Indonesia ketika matahari sudah menyinari

20130908_074925 20130908_074950

20130908_093004

My bestfriend ever, the one who I share my happiness and sorrow with, beside my family

20130908_085558

Kawah gunung bromo

20130908_054738

Makanan sederhana yang terasa begitu enak saat itu

Posted in Uncategorized | Leave a comment